DEFINISI MULTIMEDIA
Istilah multimedia muncul melalui
media masa diawal 1990. Istilah ini dipakai untuk menyatukan menyatukan
teknologi digital dan analog dibidang entertainment, publishing,
communications, marketing, advertising, dan juga commerce. Multimedia merupakan
penggabungan dua kata ”multi” dan “media”. Multi berarti “banyak” sedangkan
media atau bentuk jamaknya berarti medium.
Sedangkan medium adalah entitas yang
dilewati oleh sesuatu. Contohnya medium artistik (lukisan, sculpture) adalah
kendaraan para arti untuk menyampaikan idenya. Contoh lainya adalah
“media masa” yaitu kanal komunikasi dan informasi
Multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan
informasi dala bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa
ahli:
1.
Kombinasi dari komputer dan video
(Rosch, 1996)
2.
Kombinasi dari tiga elemen: suara,
gambar, dan teks (McComick, 1996)
3.
Kombinasi dari paling sedikit dua
media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi,
video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4.
Alat yang dapat menciptakan
presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik,
animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
5.
Multimedia dalam konteks komputer
menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi'
Mengapa Multimedia?
Multimedia dapat digunakan dalam:
1.
Bidang periklanan yang efektif dan
interaktif
2.
Bidang pendidikan dalam penyampaian
bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena
dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3.
Bidang jaringan dan internet yang
membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Menurut riset Computer Technology
Research (CTR):
1.
Orang mampu mengingat 20% dari yang
dilihat
2.
Orang mampu mengingat 30% dari yang
didengar
3.
Orang mampu mengingat 50% dari yang
didengar dan dilihat
4.
Orang mampu mengingat 70% dari yang
didengar, dilihat, dan dilakukan. (De Porter)
Multimedia mampu:
1.
Mengubah mengubah tempat kerja.
Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus
dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting :
Netmeeting!
2.
Mengubah cara belanja.
Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian
barang datang dengan sendirinya.
3.
Mengubah cara bisnis. Nokia membuat
bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online,
bank menggunakan cara online-banking.
4.
Mengubah cara memperoleh informasi.
Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari
informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software
kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
5.
Mengubah cara belajar. Sekolah mulai
menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6.
Internet Multimedia juga mulai
bersaing dengan televisi dan radio
Multimedia dapat didefinisikan
menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan multimedia
communication dengan definisi sebagai berikut:
1. Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan
pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and
interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan
produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan
sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang
baru untuk tujuan komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- Media Teks
- Media Audio
- Media Video
- Media Animasi
- Media Graph / Image
- Media Interactivity
- Media Special Effect
2. Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media
(masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk
mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity,
entertaiment, news, education, dll.
Dalam kategori ini media yang digunakan (tampak pada gambar 2.2) adalah
Dalam kategori ini media yang digunakan (tampak pada gambar 2.2) adalah
- TV
- Radio
- Film
- Cetak
- Musik
- Game
- Entertaiment
- Tutorial
- ICT (Internet)
0 komentar:
Posting Komentar